Menilik Wisata Kuliner Jombang yang Memiliki Ciri Khas Pedas

Jombang sebagai salah satu kota di Jawa Timur memang memiliki berbagai pilihan wisata kuliner yang bisa disantap bersama kerabat maupun sahabat saat mengunjungi Jawa Timur. Wisata kuliner Jombang sendiri memiliki berbagai menu yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. 

Olahan Jawa Timur yang khas dengan bumbu dapurnya seperti kencur, bawang merah, bawang putih, juga cabai tentu menjadi ciri khas dari masakan di Jombang. Nah, lalu apa saja sih kuliner khas Jombang yang patut dicoba? Simak ulasan berikut: 

Wisata Kuliner Jombang: Makanan Khas

Berkunjung ke suatu daerah khususnya Jombang tentunya akan semakin sempurna bila bisa menikmati kuliner khas dari daerah tersebut. Jombang sendiri memiliki berbagai olahan menu makanan yang sudah sepatutnya dicoba bila berkunjung ke daerah di Jawa Timur ini.

Makanan yang khas rasa pedas tentu juga menjadi primadona di Jombang. Tidak heran bila setiap penjual makanan di Jombang akan selalu menyajikan makanan pedas sebagai menunya. Nah, lalu apa saja makanan khas yang bisa dicoba di Jombang? Simak ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya: 

1. Nasi Pecel 

Wisata kuliner Jombang yang pertama tentu saja adalah nasi pecel. Nasi pecel sendiri memang menjadi primadona di Jawa Timur khususnya Kediri, Jombang dan Nganjuk. Olahan sayur yang disajikan dengan nasi dengan berbagai lauk seperti tempe, tahu serta peyek dan kerupuk ini memiliki ciri khas pada bumbunya. 

Rasa pedas dari sambal kacang inilah yang pada akhirnya membedakan ciri khas rasa pada setiap nasi pecel di setiap daerah. Biasanya nasi pecel di Jombang pun juga disajikan diatas daun pisang yang dibentuk kerucut atau biasa disebut dengan pincuk. Nasi pecel pincuk ini bisa ditemui di jalan Wahid Hasyim tepatnya di warung milik bu Dijiah. 

2. Nasi Kikil 

Nasi kikil menjadi rekomendasi kuliner khas Jombang berikutnya yang bisa segera dicoba saat jalan-jalan ke Jawa Timur khususnya daerah Jombang. Olahan kuliner yang dibuat dari kikil sapi ini memang memiliki cita rasa yang kenyal. Tentunya akan cocok bila disajikan dengan bumbu sayur lodeh yang pedas. 

Menggunakan berbagai bumbu dapur yang khas dari Jawa Timur tentunya akan menjadikan kikil ini menjadi olahan yang nikmat. Apalagi bila disantap dengan nasi yang masih panas. Biasanya di Jombang sendiri akan menyajikan menu ini dengan tambahan berbagai lauk seperti jeroan goreng. Makanan khas Jombang ini bisa ditemui Jalan KH. Hasyim Asy’ari.

3. Sego Sadukan 

Rasanya kuliner khas dari Jawa Timur khususnya Jombang memang tidak bisa lepas dari rasa pedas sambal yang menyertainya. Hal ini bahkan bisa ditemui pengunjung pada wisata kuliner sego sadukan khas Jombang. Nasi sudukan sendiri menawarkan lauk pauk yang cukup banyak dalam satu porsinya. 

Mulai dari olahan ikan teri, mie goreng, olahan tempe kering juga tahu adalah beberapa lauk yang dapat ditemui. Biasanya dalam penyajiannya, sego sadukan ini akan disajikan menggunakan daun pisang seperti halnya nasi pecel. Supaya bisa menikmati kuliner satu ini pengunjung bisa datang langsung ke Jalan Gubernur Suryo, Sengon, Kecamatan Jombang.

4. Rawon Rosobo 

Rawon tentu juga tidak akan lepas dari menu kuliner khas Jawa Timur khususnya Jombang. Menu yang dibuat dari olahan daging sapi dengan menggunakan rempah hitam dari kluwek ini memang memiliki cita rasa khas yang unik dan tentunya enak. 

Jombang sendiri memiliki satu menu kuliner Rawon yang cukup legendaris yaitu Rawon Rosobo di Jalan Raya Mojoagung nomor 191, Pekunden, Kademangan, Jombang. Empal atau potongan daging pada rawon menjadi ciri khas dari rawon Rosobo. Tentunya cita rasa dari kuah yang gurih juga menjadi satu primadona rawon yang patut dicoba saat ke Jombang. 

5. Ayam Panggang Urap 

Ayam panggang urap menjadi wisata kuliner Jombang selanjutnya yang patut dicoba. Penyajian ayam panggang dari ayam kampung yang diolah dengan tepat sehingga menjadikan daging ayam lembut dan empuk bisa membuat ketagihan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati cita rasa ayam panggang urap bisa mendatangi langsung Ayam Panggang Warung Warti di Banjardowo, Jombang. 

Tentunya tidak lupa dengan sajian sambal urap yang pedas dengan ciri khas parutan kelapanya. Makanan khas Jombang ini bisa ditemukan di Simpang Tiga Jombang. Olesan dari bumbu untuk membakar ayam juga menjadi satu cita rasa yang membuat ayam panggang urap ini cukup digemari. 

6. Sop Buntut Bakar 

Sop buntut  bukan lagi kuliner asing bagi sebagian  masyarakat Indonesia. Namun, bagaimana dengan sop buntut bakar? Nah, kuliner sop buntut bakar ini memang menjadi satu kuliner khas Jombang yang bisa nikmat. Kuliner khas Jombang satu ini bisa ditemui di rumah makan Henny tepatnya Jalan Gatot Subroto nomor 45-46 Jombang. 

Sajian sop buntut yang diolah dengan cara direbus dan dibakar ini memang pada akhirnya akan membuat daging menjadi lebih empuk dan lembut. Hal inilah yang menjadi ciri khas dari kuliner ini. Tentunya dengan siraman bumbu sop yang nikmat diatas buntut sapi yang selesai diolah akan menjadikan sajian ini lebih sempurna. 

Wisata Kuliner Jombang: Minuman Khas

Selain memiliki makanan khas, wisata kuliner Jombang juga memiliki beberapa minuman khas yang bisa dicoba. Berbagai olahan es yang khas dari warga Jombang tentu patut untuk segera dirasakan saat berkunjung ke Jombang.

Kota di Jawa Timur ini sendiri memiliki ciri khas minuman yang khas. Bahkan salah satunya ada yang menggunakan cita rasa dari sambal sebagai penambah rasa didalamnya. Nah, lalu apa saja es khas Jombang yang bisa dicoba? Mari simak ulasan berikut: 

1. Es Lodeh 

Sajian es pertama yang cukup unik dan patut untuk dicoba adalah es lodeh. Es yang sebenarnya hampir mirip dengan es campur atau es oyen ini memiliki ciri khas yang cukup unik untuk dirasakan. Ciri khas tersebut terletak pada sensasi rasa pedas dari sambal yang disajikan bersamaan dengan rasa manis dari es lodeh. 

Isian manis dari buah-buahan, kolang kaling, kelapa mudah bahkan juga rasa gurih roti tawar akan dipadukan dengan rasa pedas yang ada dalam es. Tentunya rasa pedas ini juga tetap akan dipadukan dengan rasa manis dari sirup gula yang dijadikan sebagai pemanis. Es Lodeh ini bisa ditemukan di Jalan Patimura tepatnya depan SMPN 1 Jombang. 

2. Es Degan Khas Jombang 

Minuman khas Jombang berikutnya adalah es degan atau es kelapa muda. Sajian minuman dari kelapa muda ini memang sangat cocok diminum saat cuaca sedang panas. Apalagi dengan tambahan es yang dingin. Bagi pengunjung yang ingin merasakan segarnya es degan kombinasi alpukat ini bisa ditemui di sepanjang Jalan Merdeka atau yang sekarang menjadi Jalan Presiden KH. Abdurrahman Wahid. 

Jombang sendiri menyajikan ciri khas tambahan nata de coco serta buah alpukat pada sajian es degan yang dijual. Tentunya menu ini akan memberikan cita rasa yang berbeda dengan es degan biasa yang hanya memberikan isian kelapa muda di dalamnya. 

3. Es DegDur 

Masih dengan sajian minuman unik dari Jombang yaitu es degan durian. Minuman khas satu ini akan menyajikan rasa segar dari kelapa muda dan juga rasa manis dari durian. Tentunya cita rasa khas dari kedua buah ini akan memberikan rasa yang berbeda pada setiap teguknya. 

Es Degdur ini sendiri bisa ditemui dengan mudah di sepanjang Jalanan Kota Jombang. Tentunya es satu ini akan menjadi minuman yang tepat untuk sekedar berhenti sejenak dan minum di pinggir jalan tepatnya di sepanjang Jalan Wahid Hasyim Jombang. 

Nah, itulah tadi sajian wisata kuliner Jombang baik dari makanan khasnya maupun minuman khas yang bisa ditemukan dengan mudah di daerah Jombang. Menu yang identik dengan rasa pedas dari Jombang tentu akan memberikan cita rasa yang nikmat saat disantap. Begitu juga dengan minuman khasnya yang cukup unik.